Wisata Anti Mainstream di Jambi, Jalan-jalan ke Kebun Nanas

July 21, 2017


Nanas yang dalam bahasa Inggris disebut pineapple bernama Latin Ananas comosus (L.) Merr adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Kenapa orang Inggris menyebutnya pineapple karena bentuknya yang mirip dengan pohon pinus. Didalam buah nanas terdapat banyak sekali kandungan vitamin C. Sangat cocok bagi kamu yang seringkali sariawan (baca: Cara Mengobati Sariawan).

Selama ini kita tahunya jika ingin makan nanas, tinggal datang ke pasar atau supermarket kemudian membelinya, atau yang paling gampang beli ke tukang rujak yang biasa mangkal di sekitaran komplek. Tapi, pernahkah kamu melihat nanas yang utuh dengan daunnya yang berduri itu atau mendatangi kebun nanasnya langsung? Hmmm...pastinya ga gampang ya apalagi bagi kamu yang tinggalnya di perkotaan, yang jangankan kebun nanas, tanaman di pekarangan rumah saja sangat minim atau bisa dibilang tidak ada mengingat lahan  di perkotaan yang sangat sempit dan tidak memungkinkan untuk ditanami buah-buahan segar. 

Ada beberapa daerah di Indonesia yang menyuguhkan pemandangan hamparan kebun nanas yang pastinya ini adalah destinasi anti mainstream yang bisa menjadi inspirasi kamu. Selain sebagai spot menarik untuk berfoto, tentunya jalan-jalan ke kebun nanas dapat memberikan kamu pengalaman berbeda dengan melihat langsung petani nanas yang sedang memanen nanasnya. Jika trekking ke gunung dan menikmati sunset di pantai sudah menjadi hal biasa dilakoni banyak orang, kenapa tidak jika kamu melakukan hal yang berbeda dari kebanyakan? Kegiatan anti mainstream ini bisa kamu lakukan di pesisir timur pertengahan Pulau Sumatera, yaitu Provinsi Jambi. Tak banyak orang tahu bahwa Provinsi Jambi menyimpan sejuta pesona di dalamnya. Mungkin karena letaknya yang diapit oleh beberapa Provinsi seperti Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bengkulu membuatnya tidak terlalu kelihatan dan menonjol di mata orang Indonesia khususnya. Padahal jika sudah mengenalnya, kamu pasti akan merindukannya dan ingin kembali lagi. Itulah Jambi! Meski pariwisatanya belum terlalu booming, Provinsi Jambi sangat menarik untuk dikunjungi. Berbagai wisata alam berupa pegunungan dengan danau dan air terjun yang indah serta hutan yang masih alami dan terjaga keasliannya, ada di Jambi (baca: Jika Kamu ke Jambi, Wajib Kunjungi Ini!). Menariknya Jambi juga memiliki sisi lain yang bisa diulik yakni adanya perkebunan nanas.












You Might Also Like

0 komentar