10 Tips Menyisihkan Dana Untuk Traveling

January 26, 2018


Traveling sering dianggap sebagai aktivitas mewah bagi sebagian orang. Hal ini karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berbagai persiapan harus diperhitungkan sebelum melakukan perjalanan seperti biaya transportasi, akomodasi, makan, tiket masuk tempat wisata dan berbagai keperluan lainnya yang dibutuhkan selama traveling. Namun bagi yang berdompet tipis jangan berkecil hati guys! Kamu tetap bisa traveling kok bahkan bisa menjelajah dunia, asal ada niat pasti ada jalan.

Ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan sendiri. Memang butuh keberanian extra untuk bisa menjalankannya, jangan cuma niatnya traveling doang ya, tapi tanpa usaha kecuali kamu emang punya budget berlebih, itu mah tanpa tips ini juga bisa cuss langsung traveling, hehehe...

Yuk, simak 10 tips menyisihkan dana untuk traveling!

1. Lacak beban pengeluaranmu sehari-hari dihabiskan untuk apa saja. Buat rinciannya, paling tidak nominal yang dikeluarkan dan dihabiskan untuk apa saja. Catat pengeluaran tersebut secara berkala dan analisis pengeluaranmu. Pangkas yang tidak perlu. Saat ini banyak aplikasi pencatat keuangan yang dapat kamu download di smartphone mu.

2. Ubah kebiasaan belanja. Jangan terlalu boros dalam menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Fokuslah pada kebutuhan bukan pada keinginan.

3. Kurangi tagihan penggunaan ponsel. Atur budget penggunaan ponsel.

4. Sewakan kamar kosong yang ada di rumah/ apartemen/ atau properti yang kamu punya menggunakan situs airbnb.

5. Buka tabungan berjangka dengan fasilitas autodebet pada tanggal dan nominal yang telah kamu tentukan setiap bulannya. Ini berguna banget terutama bagi kamu yang susah menabung. Kamu akan "terpaksa" menabung setiap bulannya dipotong dari rekening induk yang sudah ada. Lumayankan? Nantinya pada tempo waktu tertentu dana tabungan tersebut bisa kamu gunakan untuk memuluskan rencana traveling impianmu.

6. Dapatkan second job seperti menjadi freelancer sebagai fotografer, penulis, penjaga toko atau pekerjaan apapun yang dapat memberikan tambahan pendapatan.

7. Hentikan kebiasaan merokok atau paling kurangi kebiasaan tersebut.

8. Tutup TV kabel yang ada dirumah jika tidak terlalu dimanfaatkan.

9. Usahakan memasak sendiri, tidak membeli makanan diluaran karena selain pertimbangan ekonomis, juga lebih sehat.

10. Buat prioritas pengeluaran dan konsisten menjalankannya.

Semoga 10 tips menyisihkan dana untuk traveling ini dapat membantu kamu dalam mempersiapkan perjalanan yang diimpikan.


Inspired? Please Pin image...







You Might Also Like

0 komentar