10 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Singapura

February 02, 2018


Singapura kini menjadi primadona destinasi di Asia Tenggara selain Thailand. Sebagai salah satu Negara maju di Asia, khususnya Asia Tenggara, Singapura menawarkan beragam kemudahan mulai dari akses transportasi hingga beragam destinasi yang tak kalah membosankan. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, Singapura sudah lama menjadi tujuan wisata populer karena letaknya yang berdekatan dengan negara kita. Namun, tahukah kamu 10 hal tentang Singapura?

Simak 10 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Singapura

1. Singapura merupakan kota termahal di dunia. Dalam dua tahun terakhir, Economist Intelligence Unit menobatkan Singapura sebagai kota termahal di dunia. Belum lagi menguatnya Kurs Dollar Singapura terhadap Rupiah membuat liburan ke Singapura semakin tak terjangkau bagi kantong wisatawan Indonesia. Jadi, ada baiknya sebelum berlibur ke Singapura, buat perencanaan budget yang matang dulu yah guys, terutama bagi kamu yang berlibur ala backpacker rasanya perlu mempersiapkan itinerary yang matang sebelum berangkat.

2. Negara yang aman bagi para pelancong, baik ketika menggunakan transportasi umum maupun berjalan kaki keliling kota. Sekalipun di malam hari, Singapura selalu "hidup" dan tak pernah sepi.

3. Saat ini bisa dikatakan Singapura merupakan salah satu negara yang ramah bagi turis muslim karena meskipun penduduknya mayoritas non-muslim, cukup gampang untuk menemukan makanan halal disana bahkan sudah banyak yang bersertifikat halal. Atau kalaupun ga ada, bisa liat di plang nama kedainya, biasanya ada tulisan "Basmallah". Alternatif lain, bisa menanyakan ke penjual atau pemilik kedai makanan, apakah "no pork, no lard". Soal harga tinggal disesuaikan budgetnya aja, mau makan yang mahal ada, yang murah pun ada. So, ga perlu khawatir guys kalau melancong ke Singapura. Ga perlu juga bawa rice cooker untuk masak di hotel layaknya bepergian ke negara-negara di Eropa atau Australia. Apalagi bagi wanita yang berhijab, biasanya pemilik atau penjual, akan menginformasikan jika memang di menu makanan mereka ada pork/lard. Meski begitu, bagi yang muslim, tetep care ya guys

4. Bandara Changi Singapura merupakan bandara terbaik di dunia. Hal ini tidak mengherankan karena semua fasilitas dibandara ini sangat lengkap, modern dan berkelas dunia sehingga mampu bersaing dengan ratusan bandara yang ada. Salah satu yang paling menarik bagi para backpacker adalah bahwa di bandara Changi, kita dapat beristirahat/ tidur gratis. Ada banyak spot yang dapat dimanfaatkan oleh para backpacker mulai dari Terminal 1, 2 dan 3. Tapi yang paling famous dan ramai adalah di Terminal 1.

5. Singapura menawarkan beragam destinasi bagi para wisatawan. Bahkan ada banyak tempat wisata gratis yang dapat kamu manfaatkan selama di Singapura.

6.  Singapura memiliki penduduk yang terdiri dari beragam etnis seperti Melayu, Cina, India serta berbagai keturunan Asia dan Kaukasoid. Sebagai negara yang memiliki sejarah imigrasi yang panjang, penduduk Singapura sebagian besar merupakan pendatang, baik dengan tujuan menuntut ilmu ataupun untuk berbisnis. Terdapat 4 bahasa utama di Singapura yakni bahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan bahasa Tamil. Dalam keseharian, penduduk Singapura sebagian besar menggunakan bahasa Inggris, namun bahasa Inggrisnya cukup unik, biasa dikenal dengan sebutan "Singlish" (Singaporean English). Ciri-ciri Singlish yakni bahasa Inggris yang dicampur dengan bahasa Mandarin dan Melayu dengan grammar yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Inggris. Jadi jangan heran ya nanti pas ke Singapura, bahasa Inggrisnya kok beda gitu ya.


7. Sistem MRT nya sudah tertata dengan sangat baik dan efisien sehingga meski kamu baru pertama kali ke Singapura, ga bakal nyasar deh. Tinggal baca peta MRT nya saja, gampang banget. Selain itu tarifnya tidak terlalu mahal, worth it untuk mencapai akses-akses tempat wisata.

8. Banyak bangunan indah berwarna-warni dan menjadi ikon tersendiri bagi Singapura. Oleh karena itu para wisatawan banyak yang menjadikan bangunan-bangunan tersebut sebagai spot untuk berfoto.

9. Pantai-pantai yang ada di Sentosa Island pada dasarnya merupakan pantai buatan, sebut saja pantai Siloso dan Palawan. Datang ke pantai buatan sensasinya pasti berbeda dengan pantai asli. Meskipun begitu pantainya terbilang cantik dengan pasir putih yang membentang. Cukup untuk bersantai dan melarikan diri dari hiruk-pikuk pusat kota. Sayangnya jika sudah sore menjelang malam, pantai ini sangat ramai dipenuhi wisatawan terutama bule-bule yang ingin menikmati festival musik dan minum-minum. Jadi kalau kamu yang lagi pengen sendirian sebaiknya jangan datang pada sore hingga malam hari.

10. Orchard Road merupakan merupakan surga bagi para pecinta belanja. Ia merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling fancy di Singapura, rumah bagi fashion favorit, toko-toko ritel dan beragam lifestyle kelas atas.

So, semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu mengetahui gambaran mengenai Singapura
Happy travelling guys!


You Might Also Like

0 komentar