11 Cara Mudah Menggunakan MRT di Singapura, Gampang Bukan?

March 16, 2018


Singapura terbilang memiliki sistem transportasi yang sangat baik dan sudah tertata rapi. Salah satunya yang paling mudah untuk digunakan adalah MRT. Saat ini MRT menjadi sarana transportasi andalan di negara maju, selain murah ia juga menjadi alternatif transportasi yang aman dan nyaman. Di Singapura sendiri, MRT mampu menjangkau berbagai destinasi wisata negara tersebut. Namun, bagi traveller yang pertama kali menggunakan MRT, tentu terasa cukup membingungkan. Tapi tenang, semua itu ga berlangsung lama kok.

Simak 15 Cara Mudah Menggunakan MRT di Singapura, dijamin setelah mengetahui ini kamu akan dengan mudah explore Singapura meski travelling sendirian.

1. Menuju Pusat Kota dari Bandara Changi
Setibanya di bandara Changi, Singapura segeralah menuju MRT Station yang ada di Terminal 2. Akses menuju Terminal 2 adalah dengan menggunakan Sky Train. Ikuti saja petunjuk arah Train to City (MRT Station at T2), jangan khawatir tidak menemukan spot Sky Train, karena sudah ada petunjuk arah yang jelas di Bandara Changi.


2. Temukan Mesin Tiket di Stasiun MRT Terminal 2
Di MRT Station Terminal 2, cari mesin tiket. Ga susah untuk menemukan mesin tiket, biasanya ditandai dengan banyak orang yang mengantri. Jika kesulitan menemukannya, bisa bertanya ke petugas disana yang siap membantu.

3. Dapatkan Peta MRT
Temukan Peta MRT di dekat mesin tiket, pelajari petanya dengan baik atau kamu bisa download peta MRT via website. Setiap jalur pada peta ditandai dengan warna. Seperti, bandara Changi berada di jalur hijau. Lingkaran berwarna putih menandakan stasiun transit (interchange) untuk pindah ke jalur warna lain.

Sebagai contoh dari Bandara Changi dengan tujuan sebagai berikut:
- Tujuan Bugis : Dari Stasiun MRT Changi turun di Stasiun Transit Tanah Merah. Di Stasiun Tanah Merah kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kereta di jalur hijau ke arah Joo Koon dan turun di Stasiun Bugis.

- Tujuan Little India : Dari Stasiun MRT Changi turun di Stasiun Transit Tanah Merah. Di Stasiun Tanah Merah kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kereta di jalur hijau ke arah Joo Koon, turun di Stasiun Transit Outram Park. Di stasiun tersebut pindah ke kereta jalur ungu ke arah Punggol, turun di stasiun Little India.


4. Beli tiket MRT
Mengenai tiket MRT ada 2 alternatif pembelian. Bisa menggunakan mesin tiket dengan memasukkan sejumlah uang sesuai dengan tarif stasiun tujuan atau bisa juga membeli kartu langganan yang dapat dipakai berkali-kali dan bisa di top up. Jika kamu ingin praktis, sebaiknya beli tiket berlangganan karena tidak perlu mengantri di mesin pembelian tiket. Sekali beli, bisa dipakai berkali-kali asalkan saldonya masih mencukupi. Untuk tiket berlangganan ada dua jenis tiket yakni Ez-Link dan Singapore Tourist Pass. Informasi kedua kartu tersebut klik link dibawah ini:

Mengenal Kartu Ez-Link dan Singapore Tourist Pass

5. Masuk Stasiun MRT
Kartu MRT sudah ditangan. Tinggal tap kartu di gate masuk MRT. Dekatkan kartu pada gate masuk bagian kanan yang ada gambar kartunya. Setelah bunyi beep, maka pintu akan terbuka secara otomatis.

6. Cari Jalur Kereta Sesuai Tujuan
Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa masing-masing jalur mempunyai warna sendiri-sendiri. Pastikan kamu tidak naik di jalur yang salah. Jika itu terlanjur terjadi, don't panic kamu tinggal turun dan cari jalur kereta dengan warna yang ingin kamu tuju, masing-masing stasiun sudah tersedia display peta MRT. Silahkan dicek kembali. Apabila masih tetap bingung, cara satu-satunya jangan malu bertanya pada orang sekitar.

7. Antri dan Tertib Masuk Kereta
Pastikan kebiasaan kamu di Indonesia jangan dibawa-bawa ya ke negeri orang. Apa itu? Budaya ANTRI dan TERTIB. Adakalanya di masing-masing stasiun kondisinya cukup ramai, tapi ga ricuh juga sih. Cuma hal yang perlu diingat adalah pastikan kamu mendahulukan penumpang yang turun. Berdirilah disisi kanan-kiri pintu kereta saat menunggu. Tidak perlu buru-buru ketika masuk kereta seperti halnya yang biasa kamu lakukan ketika naik kereta Commuter Line Jabodetabek. Usahakan antri dan tertib, karena kamu ga mau kan mempermalukan negara sendiri?

8. Attitude di Dalam Kereta
Di dalam kereta, seperti biasa prioritaskan tempat duduk bagi orang yang membutuhkan seperti orang tua dan disabilitas. Jangan egois ya guys atau pura-pura tidur, hehehe... Lagian kamu juga ga akan bisa tidur di MRT, baru sebentar udah nyampe. Cepet banget. Tapi untungnya kereta di Singapura itu nyaman banget, sistemnya sudah tertata jadi ga berdesak-desakan parah.

9. Perhatikan Pengumuman di Dalam Kereta
Kamu harus menyimak baik-baik pengumuman yang ada di kereta. Sesaat sebelum kereta berhenti, ada pengumuman nama stasiun tempat kereta tersebut akan berhenti seperti: Next Station Lavender. 
Jika stasiun tujuanmu sudah dekat, sebaiknya kamu berdiri sehingga lebih mudah untuk keluar dari kereta dan orang lain bisa menempati tempat dudukmu.

10. Tap Keluar Stasiun MRT
Berhati-hatilah ketika keluar dari kereta. Temukan gate keluar MRT kemudian tap kartu kamu di gate keluar setelah nada beep, pintu otomatis terbuka. Kemudian cari pintu exit stasiun. Mengenai pintu exit stasiun, kamu perlu memperhatikan petunjuk arah karena masing-masing pintu exit mengarah pada jalan yang berbeda. Jika salah pintu keluar, maka jalannya akan jauh banget, bahkan harus memutari stasiun.

11. Setelah tap keluar gate MRT, pastikan mengembalikan kartu (khusus bagi kamu yang membeli kartu via mesin tiket) agar uang deposit kamu dikembalikan. Namun bagi yang membeli kartu Ez-Link atau Singapore Tourist Pass (STP) tidak perlu mengembalikan.


You Might Also Like

0 komentar