Menginap di Apartemen di Pusat Kota Kuala Lumpur

August 21, 2018

Salah satu hal yang harus menjadi pertimbangan dan masuk dalam budget list kamu ketika traveling adalah Penginapan, terutama bagi kamu yang memilih untuk set planning perjalanan sendiri tanpa bantuan Travel Agent. Nah, kalau saya untuk urusan traveling lebih sering mempersiapkannya sendiri dari A sampai Z. Saya lebih suka traveling secara bebas bisa explore kesana kemari dan tentunya akan dapat pengalaman lebih banyak selama perjalanan. Soal penginapan sendiri, sebenarnya ga ada aturan baku, yang penting nyaman bisa tidur dan harganya yang terjangkau di kantong, hehehe... maklum anaknya budget traveler. Untuk harga, sebenarnya relatif ya berbanding lurus dengan fasilitas yang kita dapatkan. Selama perjalanan saya ke Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu (maaf baru bisa share), saya punya pengalaman serunya menginap di apartemen di pusat kota Kuala Lumpur dengan harga terjangkau, fasilitas cukup oke, dekat dengan pusat perbelanjaan dan public transportation.

Saya menginap di apartemen Regalia Suites. Lokasinya di pusat kota Kuala Lumpur, dekat banget dengan akses stasiun KTM Komuter Putra dan Sunway Putra Shopping Mall.

Kenapa Memilih Menginap di Apartemen? 

Di apartemen rasanya lebih leluasa layaknya dirumah sendiri, saya bisa masak makanan buat suami dan mencuci baju kotor yang menumpuk dalam backpack saya dari perjalanan sebelumnya.
Saat traveling, jika kamu ingin lebih leluasa, bisa mencoba tinggal di apartemen atau homestay jika ada. Poin plus nya bila di homestay, kamu dapat berinteraksi dan berbaur dengan warga lokal. Saya memilih untuk tinggal di apartemen di pusat kota Kuala Lumpur, selain karena aksesnya yang gampang untuk kemana aja (ahahaha...berasa pintu doraemon ^^), apartemen terasa lebih homey dan private. Biasanya dilingkungan apartemen sudah tersedia pusat perbelanjaan dan swalayan, jadi gampang untuk membeli keperluan sehari-hari, termasuk bahan makanan. Jalan-jalan pake sendal jepit dan outfit yang santai juga oke.
Saat saya ke Kuala Lumpur di Januari 2018 lalu, harga satu kamar ukuran studio di Regalia Suites seharga $32.12/malam. Saya mendapatkannya melalui situs airbnb.com langganan saya. Bagi kamu yang mau mendapatkan voucher diskon $32 bisa klik link ini. Kamar ini juga bisa kamu pesan melalui Agoda.
Kamar Ukuran Studio
Kami mendapatkan kamar di lantai 34 dan baru bisa check in pukul 15:00 waktu setempat. Bisa dibilang kami cukup beruntung karena apartemen yang disewakan lumayan besar dilengkapi dengan fasilitas dapur yang ada microwave, lemari es dan peralatan makan. Kami juga bisa memanfaatkan mesin cuci yang ada untuk mencuci pakaian kotor yang sudah menumpuk dari perjalanan sebelumnya. Di lantai 37 terdapat infinity pool dengan pemandangan KL City Skyline yang memanjakan mata, cocok buat foto-foto yang instagramable. Pemandangan disini sangat indah!
Pemandangan KL City Skyline dari Infinity Pool

Namun yang sangat disayangkan wifi di kamar kami tidak berfungsi, tidak disediakan perlengkapan mandi, siaran TV nya juga hanya ada siaran lokal dan petugas PIC kamar yang slow response lengkap dengan security apartemen yang ketus, hufft.

Setibanya di apartemen, saya dan suami istirahat sebentar merebahkan punggung yang pegel bawa backpack karena sebelumnya kami menempuh perjalanan dari Singapura ke Kuala Lumpur menggunakan bus antar negara dengan sekelumit cerita perjalanan yang seru. Next akan saya ceritakan di part berikutnya. Sehabis shalat magrib, kami menuju Sunway Putra Mall, persis disamping apartemen. Lebih gampangnya kalau dari apartemen, kami keluar menggunakan lift menuju parkiran. Tinggal jalan kaki sedikit, kami tiba di pintu masuk area belakang mall.
Regalia Suites Apartment dari Pintu Parkiran
Tangga Penghubung antara Area Regalia Suites dan Sunway Putra Mall (Pintu Belakang)


Kami mengitari area mall untuk melihat-lihat sebentar dan berakhir pada tujuan utama kami yaitu membeli sedikit bahan makanan, buah dan es krim di swalayan yang ada di dalam mall. Berhubung malam itu capek banget, saya urungkan niat untuk masak. Kami membeli 2 paket nasi lemak seharga MYR 15 per porsi, beli sekotak es krim, beberapa bungkus mie, dan buah-buahan. Untungnya, saya masih punya stok rendang yang saya bawa dari Jakarta.

Malam itu, kami makan nasi lemak dan rendang dengan nikmatnya. Saking kenyangnya mager untuk keluar kamar lagi. Tapi rasanya sayang buang-buang waktu cuma buat tidur doang di negara orang. Kami pergi untuk sekedar jalan-jalan "mencari angin" menikmati suasana malam sekitaran area Jalan Putra, mulai mempelajari area seputaran apartemen. Ternyata dekat banget dengan KTM Putra, tinggal jalan kaki 5 menit doang.
Area Pejalan Kaki di Depan Sunway Putra Mall
Kami hanya menginap satu malam di apartemen tersebut. Saya kecewa dengan pelayanan kamar yang slow response karena sebelumnya saya sudah minta extend namun tidak ada kabar hingga besok paginya tiba-tiba kami diminta harus check out pukul 10:00 pagi. Syukurnya kemarin saya sempat untuk mencuci baju kotor dan peralatan makan dari perjalanan kami sebelumnya. Jadi kami buru-buru packing dan pindah ke hotel yang ada di seputaran Masjid Jamek dengan harga yang relatif tinggi sekitar 500 ribu rupiah jika dirupiahkan (karena belinya dadakan, jadi sedapatnya aja), harusnya tarif hotel di area tersebut tidaklah terlalu mahal jika tidak dadakan dan sempat ngulik kesana-kemari. Kami hanya satu malam di hotel itu karena besoknya kami berpindah tujuan ke Penang.

Menuju Apartemen Regalia Suites
Regalia Suites terletak di Jalan Anjung Putra, Off Jalan Sultan Ismail 50480 Kuala Lumpur. Akses ke apartemen Regalia Suites cukup mudah karena letaknya yang sangat berdekatan dengan Stasiun KTM Komuter Putra dengan berjalan kaki.
Jika kamu dari bandara KLIA2, maka bisa menggunakan transportasi sebagai berikut untuk mencapai KL Sentral:
  • Kereta KLIA Express
Kereta cepat KLIA Express melayani rute KLIA2-KLIA-KL Sentral (begitupula sebaliknya). Tarifnya RM 55/sekali jalan dengan waktu tempuh dari KLIA2 menuju KL Sentral (sebaliknya) selama 33 menit. KLIA Express selalu ada setiap 15-20 menit. Jika kamu berada di bandara KLIA dan ingin menuju KLIA2, tarifnya hanya RM 2 (waktu tempuh 3 menit).
  • Kereta KLIA Transit
KLIA Transit yaitu kereta yang berhenti di setiap stasiun utama yakni KLIA2-KLIA-Salak Tinggi-Putrajaya & Cyberjaya-Bandar Rasik Selatan-KL Sentral. Karena berhenti di beberapa stasiun, maka waktu tempuhnya sedikit lebih lama dari KLIA Express yakni 39 menit dari KLIA2-KL Sentral (sebaliknya). Kereta KLIA Transit ini tersedia setiap 20-30 menit.
Berikut tarif untuk masing-masing pemberhentian:
  1. KLIA - KLIA2 : RM 2 (perjalanan selama 3 menit)
  2. KLIA2 - Salak Tinggi : RM 4.90 (perjalanan selama 11 menit)
  3. KLIA2 - Putrajaya/ Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan selama 20 menit)
  4. KLIA2 - Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan selama 32 menit)
  5. KLIA2 - KL Sentral : RM 55 (perjalanan selama 39 menit)
  • Bus Express 
Jika ingin menghemat biaya, bus express Aerobus atau Skybus bisa menjadi pilihan kamu. Bus ini beroperasi hampir selama 24 jam dan tersedia di bandara KLIA 2. Tiket bus express dapat dibeli melalui counter tiket yang ada di bagian dalam mall yang terdapat di bandara KLIA2 dengan tarif RM 11 dengan waktu tempuh selama 75 menit. Dari arrival hall KLIA2, kamu harus berjalan menuju Gateway KLIA2 Mall dan turun ke Transportation Hub di level 1.
Jam Operasional:
KLIA2 - KL Sentral : 05:00 sampai 02.45
KL Sentral - KLIA2 : 03:00 sampai 00:00

Nah setibanya di Stasiun KL Sentral kamu harus lanjut naik transportasi berikutnya menuju Regalia Suites Apartment. Ada 2 opsi menuju apartemen ini; Pertama, bisa menggunakan kereta, dan yang Kedua, kamu bisa menggunakan transportasi online GRAB atau UBER biar lebih praktis diantar sampai ditempat.

Jika menggunakan kereta, maka kamu harus naik KTM Komuter Laluan Seremban (line biru) menuju Stasiun Tg. Malim atau naik KTM Komuter Laluan Pelabuhan Klang (line merah) menuju Stasiun Batu Caves, pastikan untuk turun di Stasiun Putra ya! Saya dengar Regalia Suites ini juga berdekatan dengan stasiun LRT PWTC, jadi kamu juga bisa menggunakan kereta menuju stasiun ini. Next time, saya akan mencobanya 😀

So, jika kamu berminat untuk menginap di apartemen, pastikan terlebih dahulu untuk komitmen dengan PIC kamar yang ingin kamu sewa tentang term and conditionsnya agar lebih jelas karena biasanya PIC kamar tersebut hanya bertatap muka dengan kita ketika penyerahan kunci kamar pas check in dan check out saja, diluar waktu tersebut hanya berkomunikasi via chat.









You Might Also Like

0 komentar