Summary Tips Bagi Yang Ingin Melancong ke Kuala Lumpur

January 15, 2019


Malaysia kini menjadi salah satu destinasi pilihan bagi pelancong Indonesia. Bagaimana tidak? Saat ini banyak tiket low cost carrier (LCC) yang mudah didapatkan. Namun, bagi kamu yang baru pertama kali melancong ke negeri seberang, jangan keburu takut atau pesimis. Ada beberapa informasi yang harus kamu ketahui terlebih dahulu terutama jika tujuanmu adalah Kuala Lumpur. Destinasi favorit di Malaysia, selain Penang. Nanti akan dibahas lebih lanjut soal Penang.

KUALA LUMPUR

Berapa Hari? 
Minimal 3 Hari. Kuala Lumpur merupakan kota yang sibuk tak ubahnya seperti Jakarta. Jadi, tidak terlalu berbeda dengan keseharian kamu yang tinggal di Jakarta. Pagi-pagi MRT sudah dipadati oleh orang-orang yang akan berangkat kerja, penuh. Bahkan saya pun mengurungkan niat untuk berdesakan di kereta. Akses menuju objek wisata di Kuala Lumpur terbilang mudah karena adanya sistem transportasi yang memadai.

Di Kuala Lumpur Kemana Saja? 
Area Bukit Bintang: merupakan shopping mall area dan entertainment di Kuala Lumpur, termasuk deretan hotel berbintang 5. Salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal disini yakni Pavilion KL dan Berjaya Times Square. Di bukit bintang ini juga terdapat surganya pecinta kuliner yakni Jalan Alor. 

Area KLCC: merupakan pusat kota Kuala Lumpur, terdapat Menara Kembar Petronas yang jadi landmark Kuala Lumpur, Aquaria KLCCKLCC Park, Sultan Abdul Samad Building, Museum Tekstil Nasional, Kuala Lumpur City Gallery,  Dataran Merdeka, dan Masjid Jamek yang bersejarah dan tertua di Kuala Lumpur.

Museum Tekstil Negara
Petronas Twin Tower
Dataran Merdeka

Jalan P. Ramlee: KL Tower, KL Upside Down House, dan Taman Eko Rimba KL.

Chinatown: merupakan area belanja yang terdapat di Petaling Street, surga belanja bagi pelancong yang menginginkan barang-barang murah. Cocok untuk berburu oleh-oleh. Berjalan kaki 3 menit dari Chinatown, kamu akan menemukan Central Market/Pasar Seni, juga terdapat banyak oleh-oleh.   

Area KL Central: tidak terlalu jauh dari Petaling Street, terdapat Little India Brickfields dan Sri Mahariamman Temple.

Petaling Jaya: terdapat Sunway Lagoon Theme Park dan Kidzania Kuala Lumpur.

Putrajaya: terdapat Masjid Putra yang megah.

Tasik Perdana: terdapat Masjid Negara KL dengan arsitektur yang indah dan megah. Bagi yang tidak berhijab, masuk area masjid menggunakan pakaian khusus mirip mukena yang sudah disediakan oleh pengelola masjid. Perdana Botanical Gardens, dikenal dengan nama Taman Tasik Perdana.

Area Masjid Negara Kuala Lumpur

Menjauh dari kota Kuala Lumpur menuju Distrik Gombak, Selangor terdapat Batu Caves, tempat ibadah umat hindu.

Makan Dimana?
Jalan Alor dan sekitarnya, Petaling Street (Chinatown)Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery (kantin di sebuah kuil).

Menginap Dimana?
Menginap di area Chinatown dan Masjid Jamek, karena selain banyak penginapan murah juga akses transportasi yang mudah ke berbagai destinasi wisata. 

Sebaiknya kamu memesan penginapan sebelum keberangkatan sehingga tidak repot cari-cari lagi. Biasanya saya book penginapan via booking.com dan kamu bisa klik link ini untuk mendapatkan diskon 10%.

Namun jika kamu ingin lebih leluasa bisa masak dan cuci pakaian, alternatif lain bisa menginap di apartemen (Baca: Menginap di Apartemen di Pusat Kota Kuala Lumpur)

Public Transportation Selama di Kuala Lumpur?
Transportasi di Kuala Lumpur secara garis besar ada 2 jenis: transportasi berbasis rel dan berbasis bus. Transportasi berbasis rel yakni Monorail KL, LRT, KTM, KLIA Ekspres, dan MRT. Sedangkan transportasi berbasis bus, kamu bisa menggunakan Rapid KL dan GO KL.


KL Sentral. In Frame @ihsanmuhammadahsan

Transpotasi Dari Bandara ke Pusat Kota Kuala Lumpur?

Dari bandara KLIA2 menuju Kuala Lumpur menggunakan kereta cepat KLIA Express dengan tujuan KL Sentral, melayani Rute KLIA2 - KLIA - KL Sentral (begitupula sebaliknya). Waktu tempuh 33 menit. Durasi keberangkatan setiap 15-20 menit. Tarif RM 55 /one way (RM 100 /roundtrip).

Bisa juga menggunakan kereta KLIA Transit. Bedanya kereta ini transit di beberapa stasiun utama. Rutenya adalah KLIA2 - KLIA - Salak Tinggi - Putrajaya & Cyberjaya - Bandar Tasik Selatan - KL Sentral. Waktu tempuh 39 menit dengan durasi keberangkatan setiap 20-30 menit. Tarifnya sebagai berikut:
  • KLIA2 - KLIA: RM 2 (perjalanan 3 menit)
  • KLIA2 - Salak Tinggi: RM 4.90 (perjalanan 11 menit)
  • KLIA2 - Putrajaya / Cyberjaya: RM 9.40 (perjalanan 20 menit)
  • KLIA2 - Bandar Tasik Selatan: RM 38.40 (perjalanan 32 menit)
  • KLIA2 - KL Sentral: RM 55 (perjalanan 39 menit)
Untuk info selengkapnya, baca Mengenal Ragam Transportasi di Kuala Lumpur



SIM Card?
Untuk SIM Card, kamu bisa membelinya di Bandara International Kuala Lumpur, tepat di pintu keluar Terminal Kedatangan. Disana terdapat jejeran counter yang menjual SIM Card dan voucher pulsa. Berikut beberapa provider yang ada di Malaysia diantaranya seperti Celcom, Maxis, DiGi dan U Mobile. Masing-masing memiliki penawaran yang berbeda-beda baik dari sisi harga maupun kekuatan sinyal. Selain di bandara, kamu juga bisa membelinya di Seven Eleven atau Family Mart.

Perlukah Membawa Uang Tunai?
Mata uang yang biasa digunakan di Malaysia adalah Ringgit, jadi tak ada salahnya untuk membawa uang tunai Ringgit secukupnya di dompetmu. Usahakan jangan terlalu banyak bawa uang tunai karena alasan safety. Jika kurang, kamu bisa ambil di ATM atau tukar di money changer setempat. 

Saya biasanya membawa uang tunai dengan mata uang lokal secukupnya ketika traveling, tentunya dengan beberapa variasi mulai dari beberapa pecahan besar hingga lebih banyak pecahan kecil. Uang pecahan kecil diperlukan untuk membeli air minum, snack dan ongkos bus yang seringkali tanpa kembalian. Saya biasa tukar uang di money changer yang ada di Jakarta. Cari yang selisih kursnya lebih murah karena tidak semua money changer memberikan rate yang sama. Sisanya, saya bawa kartu ATM dan Credit Card untuk jaga-jaga. Pengalaman saya waktu di Penang kehabisan uang, saya harus tarik tunai via ATM Maybank. Untungnya rate tarik tunai tidak terlalu besar selisihnya dari ketika saya tukar di Money Changer Jakarta. 

Travel Cost in Kuala Lumpur?
Ongkos tranportasi umum dan biaya makan di Kuala Lumpur tidak jauh berbeda dengan harga di Jakarta. Besar tidaknya pengeluarannmu selama traveling di Kuala Lumpur tergantung seberapa jago kamu mengatur keuanganmu. 
Tips: Jika ingin lebih hemat, pilihlah akomodasi hostel bukan hotel. Dan pilih kamar dengan tipe dorm/capsule ala backpacker, termasuk fasilitas free breakfast di hostel. Jika tidak terlalu diperlukan, skip dulu membeli SIM Card lokal untuk hemat budget, manfaatkan WIFI gratisan di beberapa public area.

Bahasa Yang Digunakan?
Sebagian besar bahasa yang digunakan penduduk lokal adalah bahasa Melayu (Malay) campur-campur dengan bahasa Inggris. Jadi, sepertinya ini bukan masalah mengingat bahasanya yang rada mirip dengan bahasa Melayu-nya kita Indonesia.

Summary ini bisa jadi rujukan buat kamu yang pertama kali ke Kuala Lumpur. Silahkan tinggalkan komentar apabila ada tambahan ataupun pertanyaan.

Cheers and Happy Travelling,


RiRi
Follow Me on Instagram:
@rekamwaktu


You Might Also Like

4 komentar

  1. Great article, ri!
    Cukup informatif untuk first timer yang mau ke KL. Sedikit tambahan rekomendasi cafe lucu dan instagramable, coba kunjungi Merchant's Lane Cafe di kawasan petaling street. Letaknya di lantai 2 ruko kawasan petaling, tempatnya cozy dan makanannya cukup enak dengan porsi yang besar.

    ReplyDelete
  2. Wah...salam kenal. Thank you lhoo infonya. Next kalo ke KL akan mampir kesana.

    ReplyDelete
  3. Wah informasi yang mantap bgt ni buat saya yang lg berencana backpacker ke KL.
    Jarak dari bandara ke pusat wisata atau kota kira2 jauh ga sih mba ? Dan juga mau tanya Estimasi budget teraman backpacker ke KL kira2 brp kalo blh tau ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Tari, thank you ya udah mampir ke blog ini. Kalo dari bandara ke pusat kota ga terlalu jauh mba, mba bisa naik KLIA Express/ KLIA Transit/ Bus ke pusat kota. Dari pusat kota ke tempat-tempat wisata kita bisa naik public transportation, ada banyak pilihan tergantung tujuan. Kalo soal budget, rencananya mau berapa hari disana? Kita bisa discuss by email aja ya mba, ini email saya afriani@rekamwaktu.com

      Bisa

      Delete